Jumat, 03 Februari 2012

TALK SHOW DPD RI PERSPEKTIF INDONESIA

Acara talk show DPD RI, hari Jum’at, 3 Pebruari 2012 mengetengahkan tema: “Amuk massa di Tanah Air, Akar dan Solusinya”, menghadirkan pembicara:
  1. Farouk Muhammad (Anggota Komite I DPD RI/NTB),
  2. Ichsan Malik (Ketua Institut Titian Perdamaian)
  3. Ismed Hasan Putro (Wakil Ketua Umum DPP HIPPI), dan
  4. Arswendo Atmowiloto (Budayawan), dan
  5. Muhammad Haikal sebagai moderator.
Dalam pemaparannya, Budayawan Arswendo, menuturkan:
  • Pada Masa Lalu:
“...............................................  Amuk sendiri adalah kekerasan dari dan ke individu, dari masalah pribadi, kemudian melebar antar kelompok yang diidentikkan, menjalar ke properti atau malah institusi. ..........”

  • Proses identifikasi diri yang keliru
“ .............................................. Proses yang keliru atau terhenti, terjadi melalui identifikasi satu organisasi – baik kedaerahan, kesukuan, keagamaan bahkan kesebelasan sepakbola. Betapa ngerinya kalau itu terjadi dan dibesar-besarkan. Padahal, para bapak kita yang mencintai negeri ini sudah memberi contoh sakti.

  • Jalan budaya sebagai pendekatan pencegahan
Dalam setiap peristiwa budaya, ada tiga ciri utama yang bisa dipakai sebagai pendekatan untuk pencegahan, karena proses kreatif yang berlangsung mengandung unsur:
a.       Mendahulukan komunikasi dan bukan kekerasan,
b.      Menciptakan karya nyata, bukan hanya wacana, serta
c.       Tidak menganggap dirinya paling benar.

................................................    Identifikasi diri pada situasi melawan ketidak-adilan atau pembiaran pada yang tidak adil, bisa menjadi akumulatif dan mengerikan, karena lebih banyak lagi korban atau dikorbankan.




























Tidak ada komentar: